Pages

Plurk

Wednesday, July 14, 2010

The Legend Of Sudirman Cup

Piala Sudirman adalah kejuaraan internasional untuk nomor beregu campuran, mempertandingkan nomor tunggal pria, tunggal wanita, ganda pria, ganda wanita, dan ganda campuran. Kejuaraan ini digelar setiap dua tahun sekali. Nama Sudirman diambil dari nama tokoh perbulutangkisan Indonesia, almarhum Dick Sudirman, yang dikenal sebagai bapak bulu tangkis Indonesia.

Piala Sudirman tidak memperebutkan hadiah uang. Para pemain bertarung hanya untuk membela nama negara dan memperoleh poin peringkat IBF.

Sejarah

Kejuaraan ini pertama kali dicetuskan oleh Indonesia pada tahun 1986. Sepanjang sejarahnya, hanya lima negara yang telah berhasil mencapai babak semifinal di seluruh kejuaraan: Indonesia, Korea Selatan, Inggris, China dan Denmark.

Piala Sudirman

Piala Sudirman yang pertama digelar di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta pada 24-29 Mei 1989. Pada kejuaraan tersebut, Indonesia berhasil tampil sebagai juara dengan mengalahkan Korea Selatan dengan nilai 3-2. Itulah satu-satunya gelar Piala Sudirman yang pernah diraih Indonesia.

Sejak tahun 1991, Piala Sudirman secara bergantian direbut Korea Selatan dan China. Korea menjadi juara pada tahun 1991, 1993, dan 2003 sedangkan Tiongkok juara pada 1995, 1997, 1999, 2001, 2005 dan 2007.

Sejarah Piala Sudirman:

1989 Indonesia Korsel 3-2 Istora, Senayan, Jakarta
1991 Korsel Indonesia 3-2 Copenhagen, Denmark
1993 Korsel Indonesia 3-2 Birmingham, Inggris
1995 China Indonesia 3-1 Lausanne, Swiss
1997 China Korsel 5-0 Glasgow, Skotlandia
1999 China Denmark 3-1 Copenhagen, Denmark
2001 China Indonesia 3-1 Seville, Spanyol
2003 Korsel China 3-1 Eindhoven, Belanda
2005 China Indonesia 3-0 Beijing, China
2007 China Indonesia 3-0 Glasgow, Skotlandia

Dibalik Nama Piala Sudirman

Nama Sudirman bukan nama yang asing bagi kita warga negara Indonesia demikian pula dinegeri jiran kita malaysia…selain itu bahkan bagi pencinta badminton dunia ….…… Di Indonesia, siapa tak kenal dengan Jendral Sudirman? Di negeri jiran kita Malaysiapun siapa yang tak kenal dengan Sudirman? Di dunia perbulutangkisan dunia siapa pula yang tak tahu “Piala sudirman” ?

Di Indonesia Sudirman adalah seorang jendral berbintang lima yang dikenal sebagai Bapak TNI. Sudirman yang dilahirkan di Bodas Karangjati, Purbalingga, 24 Januari 1916, ini memperoleh pendidikan formal dari Sekolah Taman Siswa, sebuah sekolah yang terkenal berjiwa nasional yang tinggi. Kemudian ia melanjut ke HIK (sekolah guru) Muhammadiyah, Solo tapi tidak sampai tamat. Sudirman muda yang terkenal disiplin dan giat di organisasi Pramuka Hizbul Wathan ini kemudian menjadi guru di sekolah HIS Muhammadiyah di Cilacap. Sementara itu pendidikan militer diawalinya dengan mengikuti pendidikan tentara Pembela Tanah Air (Peta) di Bogor. Kedisiplinan, jiwa pendidik dan kepanduan itulah kemudian menjadi bekal pribadinya hingga bisa menjadi pemimpin tertinggi Angkatan Perang RI. Ia merupakan Pahlawan Pembela Kemerdekaan dan tercatat sebagai Panglima sekaligus Jenderal pertama dan termuda Republik ini. Beliau meninggal dalam usia yang sangat muda di tahun 1950. Banyak tempat yang didirikan untuk mengenang beliau diantaranya Monumen Jendral Sudirman(Pacitan,Jatim), Musium Jendral Sudirman (Yogyakarta) dan bahkan namanya diabadikan sebagai nama Universitas di Purwokerto Jateng yaitu Unsud (Universitas Jendral sudirman) . Satu lagi hampir di seluruh Indonesia menggunakan namanya sebagai nama jalan.

“Sudirman” dalam dunia perbulutangkisan adalah “Sudirman Cup”. Kenapa dinamakan piala Sudirman….dulu kupikir pasti berkaitan erat dengan Jendral Sudirman, tokoh pahlawan kemerdekaan itu. Tapi ternyata ini bukan Sudirman yang itu. Ada Sudirman lain yang ternyata begitu dikenal di dunia perbulutangkisan. Piala sudirman (Sudirman Cup) diambil dari nama dari mantan pebulutangkis Indonesia, Dick Sudirman (29 April 1922- 10 Juni 1986). Beliau adalah perintis Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan menjadi ketua PBSI selama 22 tahun (1952-1963 dan 1967-1981). Beliau juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden IBF pada tahun 1975. Piala Sudirman adalah turnamen champion bulutangkis tim campuran dunia. Diadakan setiap 2 tahun sekali. Ada 5 pertandingan dalam setiap ronde: tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri dan ganda campuran.Turnamen Piala Sudirman pertama kali diadakan di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia pada tanggal 24-29 Mei 1989. Tahun ini (2009) Piala Sudirman akan berlangsung di Guangzhou, China pada bulan Mei depan. Chayo Indonesia!


Nah kalau Sudirman yang satu ini di negeri jiran kita Malaysia sangat terkenal. Sudirman Haji Arshad ( 25 Mei 1954 - 22 Pebruari 1992 ) adalah salah seorang penyanyi,penghibur, penggubah, penulis, pelukis, pengusaha terkenal Malaysia. Ia juga pernah dinobatkan sebagai "Penghibur Nomor Satu Asia" . Sudirman pertama kali memenangkan Anugerah Penyanyi Asia pada tahun 1989 di London, Inggris. Sudirman juga diberi julukan sebagai "Penghibur Milik Rakyat", "Seniman Rakyat", dan "Elvis-nya Malaysia". Lagu-lagu yang diciptakan Sudirman bertemakan kemasyarakatan, sentimentil sampai yang patriotikpun juga ada. Dalam berbagai kesempatan dan dalam berbagai acara, lagu lagu Sudirman tetap menempati ruangan tersendiri di hati rakyat Malaysia sampai kini. Lihat saja ketika menyambut hari kemerdekaan pastilah lagu “Sudirman” yang berjudul “Tanggal 31” selalu tak ketinggalan. Ketika lebaran tiba lagu “Balik kampong” selalu terdengar di seluruh radio dan stasiun TV… bahkan di mall mall dan tempat tempat hiburan…....belum lagi lagu lagu lain seperti :”Ayah dan Ibu” yang bikin merinding jika mendengarnya, “Warisan” , “Basikal Tua” dan tentunya masih banyak lagi. Yang jelas lagu lagunya Sudirman tak lekang dimakan jaman. Akupun sebagai seorang foreigner….sudah mulai akrab loh dengan lagu lagu itu (mungkin karena keseringan mendengar kali ya)…….. kalau di negara kita setingkat dengan siapa ya ? Ebiet G Ade, Bimbo, Broeri atau Koesplus atau siapa ya………habis di negara kita buanyak banget sih


Sudirman memang hanya sebuah nama yang sederhana….nama yang singkat dan mudah di ingat….Namun ternyata di sebalik nama itu ada sesuatu yang begitu hebat……Salut !

Repost From:
http://sports.okezone.com/read/2009/04/06/40/208328/pembuktian-indonesia-di-piala-sudirman
http://karpetbasah.blogspot.com/2009/04/sejarah-piala-sudirman.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Piala_Sudirman
http://wapedia.mobi/id/Piala_Sudirman


No comments:

Post a Comment